Sabtu, 13 April 2013

KANKER PARU-PARU



APA KANKER PARU-PARU ITU....???

Kanker paru merupakan penyakit keganasan yang terjadi pada jaringan paru-paru. Kanker paru-paru adalah pertumbuhan sel  ganas yang terdapat dalam jaringan paru-paru. Menurut WHO, kanker paru-paru penyebab utama kematian dalam kelompok kanker, baik pada pria maupun wanita. Kanker paru-paru berkontribusi pada 32% kematian pria dan 25% kematian wanita penderita kanker. Adapun 90% penderita kanker paru-paru merupakan perokok aktif dan mantan perokok.

Ada korelasi antara insiden kanker paru-paru dengan rata-rata jumlah rokok yang dihisap per harinya oleh seseorang. Satu dari 9 perokok berat akan menderita kanker paru-paru. Belakangan sejumlah laporan penelitian menyatakan bahwa perokok pasif pun beresiko terkena kanker paru-paru. Anak-anak yang terpapar asap rokok selama 25 tahun, pada usia dewasa kemungkinannya terkena resiko kanker paru-paru dua kali lipat jika dibandingkan dengan anak-anak yang tidak terpapar. Perempuan yang hidup dengan suami / pasangan perokok juga terkena resiko kanker paru-paru 2 – 3 kali lipat lebih banyak jika dibandingkan dengan perempuan yang suaminya bukan perokok.

Merokok satu pak per hari meningkatkan resiko kanker paru-paru sebesar 10 kali lipat; merokok dua pak per hari meningkatkan resiko kanker 25 kali lipat. Fakta di Amerika : dari 180.000 orang yang divonis kanker paru-paru setiap tahunnya, 86% akan meninggal dalam jangka 5 tahun sejak terdiagnosis. Kanker paru-paru sangat terkait dengan kebiasaan merokok. Baik perokok pasif maupun aktif, keduanya sama-sama beresiko tinggi terserang kanker paru-paru. Diperkirakan 25% penderita kanker paru-paru non perokok berasal dari kalangan perokok pasif.

Mengapa kanker paru-paru sangat mengancam jiwa penderitanya? Sebab sifatnya cenderung menyebar atau bermetastasis. Kanker paru-paru dapat menyebar ke setiap organ di dalam tubuh; terutama pada kelenjar adrenal, hati, otak, dan tulang. Maka kanker ini tergolong salah satu jenis kanker yang paling sulit diobati. Apalagi kanker paru-paru (biasanya yang jenis adenokarsinoma dan karsinoma sel alveolar) kadang kala terjadi pada orang yang paru-parunya memang telah memiliki jaringan parut karena penyakit paru-paru lainnya, misalnya tuberkulosis dan fibrosis.



PENYEBAB KANKER PARU-PARU..!!!

Penyebab utama kematian pada kasus-kasus kanker adalah KANKER PARU (kanker paru berkontribusi pada 32% kematian pada pria & 25% pada wanita penderita kanker)
90% penderita kanker paru adalah perokok aktif atau mantan perokok
Merokok satu pak per hari meningkatkan resiko kanker paru 10X lipat
Merokok dua pak per hari meningkatkan resiko kanker 25X lipat
Dari 180 ribu orang yang divonis kanker paru setiap tahunnya, 86% akan MENINGGAL dalam waktu 5 TAHUN sejak terdiagnosa (ini baru di Amerika saja).
Untuk dapat memahami kanker paru, penting bagi kita untuk memahami bagaimana struktur paru-paru manusia (normal) dan cara kerjanya. 

ANATOMI PARU-PARU....!!!

  • Paru-paru adalah organ berbentuk spons yang terdapat di dada. Paru-paru kanan memiliki 3 lobus sedangkan paru-paru kiri memiliki 2 lobus,
  • Paru-paru kiri lebih kecil karena jantung membutuhkan ruang lebih pada sisi tubuh ini. Paru-paru membawa udara masuk dan keluar dari tubuh. Mereka mengambil oksigen dan menyingkirkan gas karbon dioksida (zat residu pernafasan).
  • Lapisan di sekitar paru-paru disebut pleura, membantu melindungi paru-paru dan memungkinkan mereka untuk bergerak saat bernafas. Batang tenggorokan (trakea) membawa udara ke dalam paru-paru. Trakea terbagi ke dalam tabung yang disebut bronkus, yang kemudian terbagi lagi menjadi cabang lebih kecil yang disebut bronkiol. Pada akhir dari cabang-cabang kecil inilah terdapat kantung udara kecil yang disebut alveoli.
  • Di bawah paru-paru, terdapat otot yang disebut diafragma yang memisahkan dada dari perut (abdomen). Bila Anda bernapas, diafragma bergerak naik dan turun, memaksa udara masuk dan keluar dari paru-paru.
CARA MERAWAN PARU-PARU
KLIK TIPS SEHAT

1 komentar:

  1. Rokok bias dikatakan penyebab terbesar timbulnya kanker paru-paru. Tidak saya bagi pecandunya, tetapi bagi perokok pasif yang ikut menghirup dan terpapar asap rokok. Smg kita terhindar dari bahayanya. silahkan mampir di web kami.
    Paket Pengobatan Herbal Kanker Miom 45 Hari

    BalasHapus